Tips Belajar dan Membaca yang Baik

Pernahkah diantara kita ketika sedang GALAU tiba tiba nyeletuk
“KENAPA HARUS BELAJAR KALAU NILAI SAYA TETAP JELEK?” “KENAPA TEMAN SAYA BISA DAPAT NILAI BAGUS SEMENTARA SAYA TIDAK?”:D :) Lho lho sebenarnya ada apa gerangan???  ~(-.-~) (~-.-)~

Pada dasarnya setiap orang yang habis BELAJAR  SUATU MATERI PELAJARAN di BUKU pasti memiliki harapan :

1. Dapat memahami isi buku yang telah dibaca.

2. Dapat mengambil kesimpulan dari isi buku yang telah dibaca.

3 Dapat mengingat sebagian besar dari isi buku yang telah dibaca.

4. Dapat menghafal isi buku yang telah dibaca.

5. Informasi yang telah diperoleh dari buku yang dibaca dapat bertahan lama dalam ingatan.

Naah sekarang ketahuan kan yang membuat GALAU…??? Ternyata terdapat ketidaksamaan antara HARAPAN dengan KENYATAAN…

Tapi tidak usah bersediih..karena harapan itu kan masih ada…

Mari kita coba terapkan tips tips berikut…siapa tahu hasilnya ISTIMEWA…( bukan Chibi Chibi ya :) )

TIPS BELAJAR DAN MEMBACA YANG BAIK

1. BERDOA. Sebelum memulai segala sesuatu hendaknya berdoa pada Sang Maha Kuasa. Memohon kepadaNya agar dimudahkan untuk memahami ilmu ilmu NYA..Alangkah baiknya jika menjalin hubungan yang baik dengan Sang Kuasa dengan berdoa dan melakukan ibadah lainnya. Sesungguhnya segala sesuatu hanya dapat terjadi atas kehendakNya dan hanya kepadaNya kita mengharap keajaiban tersebut

2. PERHATIKAN SUASANA HATI. Ciptakan suasana hati yang positif untuk belajar, dengan memilih waktu dan tempat yang menyenangkan. Cara lain untuk menciptakan suasana hati yang positif dalam belajar adalah dengan mengetahui manfaat dari materi yang sedang kita pelajari, karena tanpa mengetahui manfaat biasanya minat belajar kita akan menurun dan tentu saja dapat berpengaruh pada suasana hati saat belajar. De Porter dan Hernacky dalam bukunya Quantum Learning, memberi tips untuk meningkatkan minat terhadap materi pelajaran tertentu. Caranya adalah dengan selalu bertanya Apa Manfaat BagiKu (AMBAK) sebelum mempelajari sesuatu.

3. Tumbuhkan Motivasi dalam diri. Untuk menumbuhkan motivasi belajar adalah dengan cara mengetahui relevansi materi pelajaran yang sedang kita pelajari dengan realitas atau kegunaan materi tersebut dalam kehidupan. Sebagai contoh untuk menumbuhkan motivasi belajar pada pelajaran matematika kita harus tahu relevansi materi penjumlahan dengan realitas (kalau tidak menguasai penjumlahan maka penjaga toko tidak akan dapat menghitung berapa duit yang telah dikeluarkan pada hari ini untuk belanja roti), relevansi materi pengurangan dengan realitas (Kalau tidak menguasai pengurangan maka penjaga toko akan kesulitan menghitung uang kembalian dari salah satu pembeli), dan lain sebagainya. Dengan mengetahui relevansi dari materi yang kita pelajari terhadap kehidupan kita, maka kita akan dapat menumbuhkan motivasi dalam diri kita.

4. Tandai materi pelajaran yang tidak kamu pahami.Pada saat kita sedang membaca pasti akan menemukan beberapa kata yang mungkin belum kita fahamai, apa yang harus kita lakukan? Beri tanda pada kalimat yang tidak kita pahami dan lanjutkan membaca.

5. Setelah mempelajari satu paragraph berhentilah sebentar dan ulangi hasil bacaanmu dengan bahasa kamu sendiri.

6. Kembali pada materi yang tidak kamu pahami, cari di buku lain, atau diskusikan dengan guru di sekolah.

7. Buatlah pertanyaan dari materi pelajaran yang telah kamu baca.

8. Buat ringkasan materi pelajaran yang telah kamu baca.

9. Lakukan pengulangan terhadap pelajaran yang telah diberikan oleh guru di sekolah.

BEBERAPA TIPS MENGHAFAL

Ada beberapa tips dalam menghafal materi pelajaran yang harus kita ketahui agar kita tidak mengalami kesulitan dalam menghafal materi pelajaran:

1. Menghafal dengan membaca dalam hati. Cara menghafal yang pertama ini diperuntukkan bagi anda yang memiliki gaya belajar visual. Orang yang memiliki gaya belajar ini biasanya lebih mudah memahami materi dengan menggunakan penglihatan atau lebih mudah memahami materi dengan membaca sendiri daripada jika dijelaskan oleh guru atau dijelaskan oleh teman.

2. Menghafal dengan membaca dengan keras sampai terdengar oleh telinga. Cara menghafal yang kedua ini diperuntukkan bagi anda yang memiliki gaya belajar auditorial atau lebih mudah memahami materi dari penjelasan guru atau penjelasan teman daripada harus membaca sendiri.

3. Menghafal dengan jalan menulis diatas kertas, atau menggerak gerakkan jari diatas meja. Cara menghafal yang ketiga ini diperuntukkan bagi anda yang memiliki gaya belajar kinestetik.

Masih bingung dengan gaya belajar anda?. Lebih mudahnya begini, Kalau kamu lebih mudah menerima informasi dari teman melalui SMS daripada melalui telpon berarti gaya belajarmu Visual, Kalau kamu lebih mudah menerima informasi dari teman melalui telepon daripada melalui SMS berarti gaya belajar kamu auditorial, Nah…. kalau kamu sering mencoret-coret buku telepon saat menerima telepon dari teman , emmm…atau kalau kamu suka menjadikan meja belajar kamu di sekolah sebagai drum (klotean tak duk duk duk tak duk duk) berarti gaya belajar kamu kinestetik.

Selamat Mencoba …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s